POMPA INJEKSI INLINE: PENGERTIAN, JENIS, CARA KERJA, KALIBRASI DAN PENGAPLIKASIAN.

Oleh; Yeremia

 

Apa Itu Pompa Injeksi Inline?


Pompa Injeksi Inline adalah pompa tekanan tinggi yang digunakan pada mesin diesel untuk meningkatkan tekanan bahan bakar diesel hingga 18.000 PSI secara individual. Ini berarti bahwa setiap injektor di mesin dilayani oleh unit plunger sendiri. Misalnya, dalam mesin diesel 4 silinder, akan ada 4 injektor dan 4 plunger. Untuk melakukan fungsi ini, prinsip kerja pompa injeksi inline adalah bahan bakar dipompa melalui aliran bahan bakar bertekanan tinggi ke nozzle, dan kemudian nozzle menyuntikkan/menyemprotkannya ke ruang bakar mesin.

Jenis-Jenis Pompa Injeksi Inline

Ada beberapa jenis pompa injeksi inline berdasarkan ukuran, desain, dan sistem kontrolnya. Berikut adalah beberapa contohnya:

 

·        Pompa injeksi inline ukuran M: pompa ini memiliki body logam ringan (aluminium) yang menempel pada mesin lewat flensa. Pompa ini adalah pompa injeksi inline tipe terbuka yang memiliki plat penutup dari sisi dan di bawah. Pompa ini memiliki batas tekanan injeksi puncak 400 bar.

·        Pompa injeksi inline ukuran A: pompa ini memiliki rumah logam ringan dan bisa terpasang dengan flensa ke mesin atau terpasang lewat dudukan. Pompa ini memiliki batas tekanan injeksi puncak 600 bar.

·        Pompa injeksi inline ukuran P: pompa ini memiliki rumah besi cor dan bisa terpasang dengan flensa ke mesin atau terpasang lewat dudukan. Pompa ini memiliki batas tekanan injeksi puncak 1000 bar.

·        Pompa injeksi inline ukuran ZW: pompa ini memiliki rumah besi cor dan terpasang dengan flensa ke mesin. Pompa ini memiliki batas tekanan injeksi puncak 1200 bar.

·        Pompa injeksi inline ukuran CW: pompa ini memiliki rumah besi cor dan terpasang dengan flensa ke mesin. Pompa ini memiliki batas tekanan injeksi puncak 1400 bar.

·        Pompa injeksi inline ukuran H: pompa ini memiliki rumah besi cor dan terpasang dengan flensa ke mesin. Pompa ini memiliki sistem kontrol sleeve yang bisa di kontrol secara elektronik. Pompa ini memiliki batas tekanan injeksi puncak 1600 bar.

·        Pompa injeksi inline ukuran P9/P10: pompa ini memiliki rumah besi cor dan terpasang dengan flensa ke mesin. Pompa ini memiliki sistem kontrol sleeve yang bisa di kontrol secara elektronik. Pompa ini memiliki batas tekanan injeksi puncak 1800 bar.

 

Cara Kerja Pompa Injeksi Inline Meliputi:


·        Mulai dari mesin yang dihidupkan (idle state).

·        Bahan bakar di tangki, dan bahan bakar yang telah diisi di filter bahan bakar disedot oleh pompa umpan melalui jalur inputnya, kemudian melalui jalur output pompa umpan, bahan bakar diarahkan ke penyimpanan bahan bakar yang ada di ruang pompa injeksi.

·        Di dalam ruang pompa injeksi, terdapat elemen pompa plunger, dan barrel pump, kedua elemen ini bergabung menjadi satu, dan disebut sebagai elemen pompa.

·        Ketika pompa plunger berada dalam posisi BDC, bahan bakar diesel mengalir ke lubang inlet pompa barrel.

·        Bahan bakar diesel akan ditekan ke atas oleh pompa plunger ketika pompa plunger mulai mengarah ke TDC, atau dengan kata lain selama langkah efisien.

·        Gerakan ini meningkatkan tekanan bahan bakar diesel, menyebabkan katup pengiriman terbuka.

·        Setelah katup pengiriman terbuka, bahan bakar mengalir melalui pipa diesel bertekanan tinggi menuju nosel, Dari nosel, bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar mesin.

·        Ketika pompa pendorong menyelesaikan proses injeksi, tekanan bahan bakar diesel pada elemen pompa akan berkurang, hingga pegas katup akan menutup katup pengiriman.

·        Pada saat RPM dinaikkan atau throttle gas ditarik. Kontrol rak di bawah kontrol pengaturan governor akan memutar plunger, sehingga volume solar dapat ditingkatkan.

 

Kalibrasi

Mengkalibrasi pompa injeksi inline melibatkan beberapa langkah:

1.

Set-Up

: Pilih SET-UP dengan sakelar Mode Selector.

2.

Operasi Siram

: Kembali ke pompa dan lakukan operasi pembilasan.

3.

Pasang Selang Kalibrasi

: Pasang selang kalibrasi pada pemutus cepat pada katup kalibrasi.

4.

Buka Penutup Pompa

: Buka penutup pada pompa 1.

5.

Flush and Fill Lines

: Tekan dan tahan Tombol Kalibrasi, atau letakkan magnet, dan biarkan pompa berjalan sampai saluran dibilas dan diisi dengan cairan.

6.

Tombol Lepaskan atau Lepaskan Magnet

: Lepaskan tombol atau lepaskan magnet saat bahan yang cukup berada dalam wadah kalibrasi.

 

Harap dicatat bahwa ini adalah langkah-langkah umum dan prosedur yang tepat dapat bervariasi tergantung pada model spesifik pompa injeksi inline. Selalu merujuk pada instruksi pabrik untuk informasi yang paling akurat.

 

Dimana Pengaplikasian Pompa Ijeksi Seperti Ini:

Pompa injeksi inline umumnya digunakan pada mesin multi-silinder besar seperti yang ditemukan di berbagai jenis kendaraan.

·        Truk

: Pompa inline sering disukai di truk karena kemampuannya menangani mesin bertenaga besar.

·        Alat Berat

: alat berat yang digunakan dalam konstruksi dan pertambangan sering menggunakan pompa inline.

·        Kendaraan Pertanian

: Peralatan pertanian dan kendaraan pertanian lainnya sering menggunakan pompa inline.

·        Bus

: Pompa inline juga banyak digunakan di bus.

 

Jenis mesin dan kendaraan ini mendapat manfaat dari sistem pengiriman bahan bakar individual pompa inline, di mana setiap injektor dilayani oleh mekanisme plungernya sendiri. Hal ini memungkinkan kontrol injeksi bahan bakar yang tepat, yang sangat bermanfaat pada mesin bertenaga besar.

 

Source:

POMPA INJEKSI TIPE INLINE PADA MESIN DIESEL - TeknisiME. https://www.teknisime.com/2021/10/pompa-injeksi-tipe-inline-pada-mesin.html.

7 Type Pompa Injeksi Inline Berdasarkan Ukuran - TeknisiME. 

https://www.teknisime.com/2021/11/7-Type-Pompa-Injeksi-Inline-Berdasarkan-Ukuran.html.

Jenis-Jenis Pompa Injeksi Bahan Bakar Mesin Diesel.

https://www.teknisime.com/2021/09/jenis-jenis-pompa-injeksi-bahan-bakar.html.

Pompa Injeksi In Line Pada Mesin Diesel - AutoExpose.

https://www.autoexpose.org/2017/08/cara-kerja-pompa-injeksi-in-line.html.

Fuel Injection Pump Working Principle in Diesel Engine.

https://www.autoexpose.org/2018/12/fuel-injection-pump-working-principle.html.

Fungsi Injection Pump (Pompa Injeksi) Dan Jenis Jenisnya. https://www.sekolahkami.com/2022/01/fungsi-injection-pump.html.

 噴射ポンプ - Wikipedia. https://ja.wikipedia.org/wiki/%E5%99%B4%E5%B0%84%E3%83%9D%E3%83%B3%E3%83%97.

INJECTION PUMP: INLINE AND... - Mechanical Engineering world - Facebook. https://www.facebook.com/187356742182120/posts/injection-pump-inline-and-distributor-injection-pumpthe-injection-pump-is-a-majo/428038254780633/.

 3 Type of Fuel Injection Pump With Definition and Differents. https://www.autoexpose.org/2018/12/type-of-fuel-injection-pump.html.

Injection pump - Wikipedia.

https://en.wikipedia.org/wiki/Injection_pump.

What is a Diesel Injection Pump? - Diesel Injection Pumps.

https://injectionpumps.co.uk/what-is-a-diesel-injection-pump/.

Injection Pump Calibration • Norstar Industries.

 https://norstarind.com/support/injection-pump-calibration/.

PUMP CALIBRATION PROCEDURE TO ENSURE AN ACCURATE CALIBRATION PLEASE .... https://norstarind.com/support/procedures/injection/injection-pump-calibration.pdf.

18_Overhaul Procedure of Lub.Oil Pump马柴油机滑油泵维护保养. https://www.bilibili.com/video/BV1jo4y1L7aT/?uid=4256316A6F3479314C376154.

14_Measuring Procedure of Crank Deflection马柴油机拐挡差测量. https://www.bilibili.com/video/BV1na4y1V78p/?uid=4256316E6134793156373870.

08_Check Procedure of Protective Device马柴油机保护装置. https://www.bilibili.com/video/BV18M4y1a7eJ/?uid=425631384D3479316137654A.

 

Komentar

  1. Mengapa truk komersial sangat bergantung pada Pompa Injeksi In Line untuk memberikan daya tarik yang besar dalam mengangkut beban berat?

    BalasHapus
    Balasan


    1. -Pada truk komersial pompa injeksi inline dapat menghasilkan tekanan bahan bakar yang tinggi dan stabil, sehingga bahan bakar dapat disemprotkan dengan baik ke ruang bakar mesin.
      - Pompa injeksi inline pada truk juga dapat mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan sesuai dengan kebutuhan mesin, baik dari putaran mesin maupun beban mesin. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan performa mesin.

      Oleh karena itu, pompa injeksi inline lebih bertenaga daripada pompa injeksi lainnya, karena dapat menyediakan bahan bakar yang optimal untuk proses pembakaran dalam mesin diesel. Bahan bakar yang memiliki daya ledak tinggi, seperti solar, akan menghasilkan ledakan yang kuat dan membuat mesin bekerja secara efisien.

      Hapus
  2. untuk tau kerusakan pada pompa injeksi inline itu gimana bang?🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lepas saluran injector ke nozzle kemudian starter jika ada saluran yang tidak keluar bahan bakar atau terlihat lebih kurang bertekanan dari yang lain maka pompa injeksi kemungkinan bermasalah

      Cara kedua adalah dengan melepas semua saluran nozzle pada semua silinder dan menyisakan 1 jalur pompa yang ingin dicek jika ada yang tidak mengalami pembakaran maka bisa jadi ada masalah pada pompa injeksi baik dari sistem pompa ataupun setelan pompa yang tidak benar

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Injeksi Diesel Toyota Hilux 2013