Sistem Injeksi Diesel Toyota Hilux 2013

Observasi Sistem Injeksi Pada Mesin Diesel Toyota Hilux Double Cabin 2013

Oleh : yeremia


Sistem injeksi bahan bakar diesel pada mobil Hilux Diesel 2013 merupakan salah satu komponen penting yang mempengaruhi kinerja mesin. Oleh karena itu, observasi terhadap sistem injeksi bahan bakar diesel pada mobil Hilux Diesel 2013 sangatlah penting. Dalam kegiatan observasi ini, kita akan mempelajari bagaimana sistem injeksi bahan bakar diesel pada mobil Hilux Diesel 2013 bekerja, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana cara merawatnya agar tetap berfungsi dengan baik.

Dalam kegiatan observasi ini, kita akan memeriksa beberapa komponen penting pada sistem injeksi bahan bakar diesel, seperti pompa bahan bakar, nozzle, dan fuel filter. Selain itu, kita juga akan memeriksa kualitas bahan bakar yang standar digunakan pada mobil Hilux Diesel 2013.

Dengan melakukan kegiatan observasi ini, kita akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang sistem injeksi bahan bakar diesel pada mobil Hilux Diesel 2013. Hal ini akan membantu kita dalam merawat mobil Hilux Diesel 2013 dengan lebih baik dan memperpanjang umur mesin mobil tersebut.

 

KOMPONEN MENDASAR



1. Common Rail

Menyimpan tekanan tinggi bahan bakar dengan supply pump

2. Supply Pump

Bekerja berdasarkan crankshaft. Menghasilkan tekanan tinggi ke common rail

3. Injector

Menginjeksikan bahan bakar ke ruang bakar berdasarkan signal dari ECM

4. Fuel Pressure Sensor

Memonitor tekanan bahan bakar didalam common rail dan mengirimkan signal ke ECM

5. Pressure Limiter

Membuka valve pressure limiter untuk mengurangi tekanan pada common rail saat tekanan common rail melebihi level tekanan spesifikasi

6. Suction Control Valve

Berdasarkan pada signal dari ECM mengatur supply volume bahan bakar ke common rail dan mengatur tekanan bahan bakar.

 

CARA KERJA SEDERHANA

ECM akan menerima input dari sensor seperti sensor tekanan udara, sensor suhu udara, dan sensor posisi throttle, untuk mengatur jumlah bahan bakar yang perlu disemprotkan ke ruang bakar. Hasil perhitungan ECM akan dikirim ke injektor. Injektor berfungsi sebagai aktuator/output yang akan mengeksekusi perintah dari ECM.

Dalam sistem injeksi Common Rail, bahan bakar disimpan dalam pipa rail yang terhubung dengan injektor. High pressure pump akan memompa bahan bakar ke dalam pipa rail dengan tekanan yang sangat tinggi. EDC kemudian mengatur agar timing serta durasi injeksi bahan bakar tetap sesuai dengan kebutuhan mesin, tidak kurang dan tidak lebih. Barulah setelah itu bahan bakar dibakar dalam ruang bakar.

 

BAHAN BAKAR

Memilih bahan bakar yang tepat sangat penting untuk kinerja mesin yang memuaskan.

Kerusakan mesin akibat penggunaan bahan bakar yang tidak tepat tidak tercakup dalam garansi kendaraan baru Toyota.

 

JENIS BAHAN BAKAR

Mengutip dari panduan pengguna mobil toyota hiluk 2013 :

Untuk membantu mencegah tertukarnya pompa bahan bakar, kendaraan Anda memiliki bukaan tangki bahan bakar yang lebih kecil. Nosel khusus pada pompa dengan bahan bakar tanpa timbal akan cocok untuk itu, namun nozel standar yang lebih besar pada pompa dengan bahan bakar bertimbal tidak akan cocok.

Jangan gunakan bahan bakar bertimbal. Penggunaan bahan bakar bertimbal akan menyebabkan konverter katalitik tiga arah kehilangan efektivitasnya dan sistem kendali emisi tidak berfungsi dengan benar, serta akan merusak mesin. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan biaya pemeliharaan.

Mesin diesel-Gunakan hanya bahan bakar diesel. nomor cetane

Mesin 1KD-FTV-

Pilih setana nomor 50 (indeks setana 45) atau lebih tinggi.

Penggunaan bahan bakar dengan angka setana lebih rendah dari yang dinyatakan akan menyebabkan ketukan berat yang terus-menerus. Jika parah, hal ini akan mengakibatkan kerusakan mesin.

 

Pememeriksaan nozzle, pompa tekanan tinggi, dan filter bahan bakar pada mobil Hilux Diesel 2013,

Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

Nozzle: Pasang nozzle pada alat pompa nozzle tester. Lakukan buang angin (bleeding) untuk memastikan bahan bakar tersalurkan dengan sempurna. Tekan tuas pompa injektor tester dengan interval 1 detik 1 kali pompa dengan durasi minimal 15 detik. Perhatikan bentuk semprotan dan pengkabutan yang dihasilkan nozzle selama pemompaan.

Pompa tekanan tinggi: Lakukan pemeriksaan rinci tentang saluran bahan bakar dan koneksi untuk tikungan, retakan, deformasi atau kerusakan lainnya. Mungkin juga perlu mengganti filter bahan bakar, berbagai gasket, dll. Jika batang dan saringan OK, tetapi mesin tidak menyala, Anda perlu menyalakan kunci kontak dan mendengarkan dengan saksama.

Filter bahan bakar: Periksa filter bahan bakar untuk melihat apakah ada kotoran atau partikel lain yang mungkin masuk ke dalam sistem bahan bakar. Jika filter bahan bakar terlihat kotor atau terdapat partikel, maka filter bahan bakar perlu diganti.

 

Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda dalam memahami system  bahan bakar pada mobil Hilux Diesel 2013.

 



Dokumentasi kegiatan 





Komentar

Postingan populer dari blog ini