Sistem Injeksi Diesel Toyota Hilux 2013
Observasi
Sistem Injeksi Pada Mesin Diesel Toyota Hilux Double Cabin 2013
Oleh : yeremia
Sistem injeksi
bahan bakar diesel pada mobil Hilux Diesel 2013 merupakan salah satu komponen
penting yang mempengaruhi kinerja mesin. Oleh karena itu, observasi terhadap
sistem injeksi bahan bakar diesel pada mobil Hilux Diesel 2013 sangatlah
penting. Dalam kegiatan observasi ini, kita akan mempelajari bagaimana sistem
injeksi bahan bakar diesel pada mobil Hilux Diesel 2013 bekerja, bagaimana cara
kerjanya, dan bagaimana cara merawatnya agar tetap berfungsi dengan baik.
Dalam kegiatan
observasi ini, kita akan memeriksa beberapa komponen penting pada sistem
injeksi bahan bakar diesel, seperti pompa bahan bakar, nozzle, dan fuel filter.
Selain itu, kita juga akan memeriksa kualitas bahan bakar yang standar
digunakan pada mobil Hilux Diesel 2013.
Dengan
melakukan kegiatan observasi ini, kita akan memperoleh pemahaman yang lebih
baik tentang sistem injeksi bahan bakar diesel pada mobil Hilux Diesel 2013.
Hal ini akan membantu kita dalam merawat mobil Hilux Diesel 2013 dengan lebih
baik dan memperpanjang umur mesin mobil tersebut.
KOMPONEN MENDASAR
Menyimpan tekanan tinggi bahan bakar dengan supply pump
2. Supply Pump
Bekerja berdasarkan crankshaft. Menghasilkan tekanan tinggi
ke common rail
3. Injector
Menginjeksikan bahan bakar ke ruang bakar berdasarkan signal
dari ECM
4. Fuel Pressure Sensor
Memonitor tekanan bahan bakar didalam common rail dan
mengirimkan signal ke ECM
5. Pressure Limiter
Membuka valve pressure limiter untuk mengurangi tekanan pada
common rail saat tekanan common rail melebihi level tekanan spesifikasi
6. Suction Control Valve
Berdasarkan pada signal dari ECM mengatur supply volume
bahan bakar ke common rail dan mengatur tekanan bahan bakar.
CARA KERJA SEDERHANA
ECM akan menerima input dari sensor seperti sensor tekanan udara, sensor suhu udara, dan sensor posisi throttle, untuk mengatur jumlah bahan bakar yang perlu disemprotkan ke ruang bakar. Hasil perhitungan ECM akan dikirim ke injektor. Injektor berfungsi sebagai aktuator/output yang akan mengeksekusi perintah dari ECM.Dalam sistem injeksi Common Rail,
bahan bakar disimpan dalam pipa rail yang terhubung dengan injektor. High
pressure pump akan memompa bahan bakar ke dalam pipa rail dengan tekanan yang
sangat tinggi. EDC kemudian mengatur agar timing serta durasi injeksi bahan
bakar tetap sesuai dengan kebutuhan mesin, tidak kurang dan tidak lebih.
Barulah setelah itu bahan bakar dibakar dalam ruang bakar.
BAHAN BAKAR
Memilih bahan bakar yang tepat
sangat penting untuk kinerja mesin yang memuaskan.
Kerusakan mesin akibat penggunaan
bahan bakar yang tidak tepat tidak tercakup dalam garansi kendaraan baru
Toyota.
JENIS BAHAN BAKAR
Mengutip dari panduan pengguna mobil toyota hiluk 2013 :
Untuk membantu
mencegah tertukarnya pompa bahan bakar, kendaraan Anda memiliki bukaan tangki
bahan bakar yang lebih kecil. Nosel khusus pada pompa dengan bahan bakar tanpa
timbal akan cocok untuk itu, namun nozel standar yang lebih besar pada pompa
dengan bahan bakar bertimbal tidak akan cocok.
Jangan gunakan
bahan bakar bertimbal. Penggunaan bahan bakar bertimbal akan menyebabkan
konverter katalitik tiga arah kehilangan efektivitasnya dan sistem kendali
emisi tidak berfungsi dengan benar, serta akan merusak mesin. Selain itu, hal
ini juga dapat meningkatkan biaya pemeliharaan.
Mesin diesel-Gunakan hanya bahan bakar diesel. nomor cetane
Mesin 1KD-FTV-
Pilih setana nomor 50 (indeks setana 45) atau lebih tinggi.
Penggunaan
bahan bakar dengan angka setana lebih rendah dari yang dinyatakan akan
menyebabkan ketukan berat yang terus-menerus. Jika parah, hal ini akan
mengakibatkan kerusakan mesin.
Pememeriksaan nozzle, pompa tekanan
tinggi, dan filter bahan bakar pada mobil Hilux Diesel 2013,
Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:
Nozzle: Pasang nozzle pada
alat pompa nozzle tester. Lakukan buang angin (bleeding) untuk memastikan bahan
bakar tersalurkan dengan sempurna. Tekan tuas pompa injektor tester dengan
interval 1 detik 1 kali pompa dengan durasi minimal 15 detik. Perhatikan bentuk
semprotan dan pengkabutan yang dihasilkan nozzle selama pemompaan.
Pompa tekanan tinggi:
Lakukan pemeriksaan rinci tentang saluran bahan bakar dan koneksi untuk
tikungan, retakan, deformasi atau kerusakan lainnya. Mungkin juga perlu
mengganti filter bahan bakar, berbagai gasket, dll. Jika batang dan saringan
OK, tetapi mesin tidak menyala, Anda perlu menyalakan kunci kontak dan
mendengarkan dengan saksama.
Filter bahan bakar:
Periksa filter bahan bakar untuk melihat apakah ada kotoran atau partikel lain
yang mungkin masuk ke dalam sistem bahan bakar. Jika filter bahan bakar
terlihat kotor atau terdapat partikel, maka filter bahan bakar perlu diganti.
Semoga penjelasan ini dapat
membantu Anda dalam memahami system bahan bakar pada mobil Hilux Diesel 2013.
Dokumentasi kegiatan
Komentar
Posting Komentar